Connect with us

Hi, what are you looking for?

Edukasi

Wanita Wajib Hindari 4 Latihan Ini Saat Coba Turunkan Berat Badan

Wanita-Wajib-Hindari-4-Latihan-Ini-Saat-Coba-Turunkan-Berat-Badan

Menurunkan berat badan saat ini dapat menjadi tantangan tersendiri. Akan tetapi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, anda harus tetap hati-hati.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan banyak cara, lebih efektif lagi jika kita menjalani gaya hidup sehat dan aktif. Ini berarti mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan sayuran tanpa lemak, melakukan latihan kekuatan yang solid, dan rutin olahraga kardio.

|Baca Juga: Tips Praktis Kupas Kulit Jeruk Ala Nenek Jepang

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa jenis latihan yang harus dihindari ketika mencoba menurunkan berat badan, terutama jika kita seorang wanita.

Bukan berarti semua latihan itu buruk dalam hal kebugaran, tetapi beberapa latihan tidak seefektif yang kita pikirkan ketika berbicara tentang mencapai tujuan kita.

Sejumlah latihan yang harus dihindari saat anda akan menurunkan berat badan, penting untuk anda ketahui agar dapat memfokuskan waktu kita pada latihan kekuatan dan membangun serta mempertahankan massa otot.

Sebagian besar latihan yang kita lakukan tentunya harus terdiri dari gerakan compound seperti squat, deadlift, press, dan row. Nah, dari beberapa jenis latihan-latihan ini tentunya akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, dan meningkatkan metabolisme, serta membantu kita mencapai kesuksesan dalam perjalanan penurunan berat badan.

Jika kita sedang mencoba menurunkan berat badan, seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi, Tim Liu, CSCS, menyarankan untuk menghindari beberapa latihan berikut, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Sit up

Kebanyakan orang memiliki kepala ke depan dan postur tubuh yang bungkuk. Karena itu, melakukan sit up dapat memperburuk kondisi ini.

“Terlalu banyak orang yang melakukan sit up dengan mengerakkan leher dan menggunakan fleksor pinggul daripada perut mereka,” terang Liu. “Kita mungkin terkejut mendengar bahwa sit up juga merupakan salah satu latihan otot perut yang paling tidak efektif,” tutur dia. Ada pun pilihan penurunan berat badan yang lebih baik, yakni berkonsentrasi pada gerakan stabilitas inti tambahan seperti variasi plank, abs wheel rollout, dan stability ball stir the pot.

2. Box jump

Sama seperti burpee, tidak melakukan box jump dengan benar juga bisa mengganggu proses penurunan berat badan. Liu mengungkapkan, meskipun latihan ini adalah latihan yang bagus untuk membangun kekuatan, namun latihan ini membutuhkan koordinasi yang baik, kekuatan tubuh bagian bawah, dan daya ledak untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Sebaliknya, mungkin lebih bermanfaat untuk fokus untuk menjadi lebih kuat dalam variasi squat dan split squat.

3. Seated abduction

Banyak wanita memilih latihan ini dengan harapan dapat membantu mengencangkan area paha bagian dalam dan luar mereka. Meskipun kita mungkin merasa bisa membakar kalori saat melakukan gerakan ini, namun gerakan ini tidak seefektif gerakan squat, lunges, atau split squat dalam rutinitas latihan. “Jika kita menyukai latihan ini, silakan terus menggunakannya,” ujar Liu. “Tetapi, saya sarankan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas latihan hanya sebagai pemanasan saja, bukan sebagai salah satu latihan utama,” imbuh dia.

4. Burpee

Menurut Liu, burpee pada dasarnya adalah latihan yang terdiri dari dua langkah.

Dimulai dengan push up, kemudian melompat secara eksplosif ke arah langit dan mengulanginya beberapa kali secara berurutan. “Jika kita baru saja mulai berolahraga, kita mungkin belum memiliki kekuatan untuk melakukan squat, push up, dan jump squat yang tepat,” katanya. “Ketika kita menggabungkan gerakan-gerakan ini, sering kali untuk repetisi yang tinggi, bentuk tubuh akan semakin rusak, terutama saat kita semakin lelah,” jelas dia. Jadi, meskipun ini bisa menjadi latihan pengkondisian yang baik, namun tidak diperlukan untuk menurunkan berat badan. Namun bagi mereka yang sudah terlatih, burpee adalah jenis gerakan yang efektif membakar lemak.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Pesona Objek Wisata Alami Kawah Gunung Ijen » Media Tangerang

  2. Pingback: Fakta Sering Keramas Sebabkan Rambut Bercabang, Benarkah? » Media Tangerang

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Berita Terbaru

Hasil All England Open 2024

Sticky Post

Hasil All England Open 2024: Sorotan Utama dari Turnamen Bulu Tangkis Tertua dan Terhormat All England Open, turnamen bulu tangkis tertua dan paling terhormat...

5 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Sulit 5 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Sulit

Sticky Post

Dalam menghadapi tantangan ekonomi dan perubahan global, mempertahankan bisnis menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Di tengah masa sulit, pemilik bisnis perlu mengadopsi strategi yang...

Menkes Budi Sadikin Resmikan Secara Langsung Gedung RSUD Sidoarjo Menkes Budi Sadikin Resmikan Secara Langsung Gedung RSUD Sidoarjo

Kesehatan

Pada sebuah acara yang penuh semangat, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara resmi meresmikan gedung baru RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di Sidoarjo. Artikel...

You May Also Like

Wisata

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kenaikan tarif masuk Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta...

Sticky Post

Jakarta – Informasi terbaru dari Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang yang baru-baru ini mengatakan bahwa akan ada komet langka C/2022 E3...

Sticky Post

Berita Tangerang Hari Ini – Mendapatkan Informasi Terkini tentang Kota Tangerang Tangerang merupakan kota besar di wilayah Banten yang terus mengalami perkembangan pesat di...

Politik

Jakarta – Update informasi terbaru dari Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto yang menuturkan bahwa saat ini KPK telah mengantongi informasi terkait keberadaan buron...

Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya