Connect with us

Hi, what are you looking for?

Edukasi

Wanita Wajib Hindari 4 Latihan Ini Saat Coba Turunkan Berat Badan

Wanita-Wajib-Hindari-4-Latihan-Ini-Saat-Coba-Turunkan-Berat-Badan Media Tangerang Pusat Informasi Terupdate

Menurunkan berat badan saat ini dapat menjadi tantangan tersendiri. Akan tetapi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan, anda harus tetap hati-hati.

Menurunkan berat badan dapat dilakukan dengan banyak cara, lebih efektif lagi jika kita menjalani gaya hidup sehat dan aktif. Ini berarti mengonsumsi makanan yang tinggi protein dan sayuran tanpa lemak, melakukan latihan kekuatan yang solid, dan rutin olahraga kardio.

|Baca Juga: Tips Praktis Kupas Kulit Jeruk Ala Nenek Jepang

Meski demikian, sebenarnya ada beberapa jenis latihan yang harus dihindari ketika mencoba menurunkan berat badan, terutama jika kita seorang wanita.

 Media Tangerang Pusat Informasi Terupdate

Bukan berarti semua latihan itu buruk dalam hal kebugaran, tetapi beberapa latihan tidak seefektif yang kita pikirkan ketika berbicara tentang mencapai tujuan kita.

Sejumlah latihan yang harus dihindari saat anda akan menurunkan berat badan, penting untuk anda ketahui agar dapat memfokuskan waktu kita pada latihan kekuatan dan membangun serta mempertahankan massa otot.

Sebagian besar latihan yang kita lakukan tentunya harus terdiri dari gerakan compound seperti squat, deadlift, press, dan row. Nah, dari beberapa jenis latihan-latihan ini tentunya akan membantu kita membakar lebih banyak kalori, dan meningkatkan metabolisme, serta membantu kita mencapai kesuksesan dalam perjalanan penurunan berat badan.

Jika kita sedang mencoba menurunkan berat badan, seorang pelatih kebugaran dan ahli nutrisi, Tim Liu, CSCS, menyarankan untuk menghindari beberapa latihan berikut, seperti yang dilansir dari laman Eat This Not That.

1. Sit up

Kebanyakan orang memiliki kepala ke depan dan postur tubuh yang bungkuk. Karena itu, melakukan sit up dapat memperburuk kondisi ini.

“Terlalu banyak orang yang melakukan sit up dengan mengerakkan leher dan menggunakan fleksor pinggul daripada perut mereka,” terang Liu. “Kita mungkin terkejut mendengar bahwa sit up juga merupakan salah satu latihan otot perut yang paling tidak efektif,” tutur dia. Ada pun pilihan penurunan berat badan yang lebih baik, yakni berkonsentrasi pada gerakan stabilitas inti tambahan seperti variasi plank, abs wheel rollout, dan stability ball stir the pot.

2. Box jump

Sama seperti burpee, tidak melakukan box jump dengan benar juga bisa mengganggu proses penurunan berat badan. Liu mengungkapkan, meskipun latihan ini adalah latihan yang bagus untuk membangun kekuatan, namun latihan ini membutuhkan koordinasi yang baik, kekuatan tubuh bagian bawah, dan daya ledak untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya. Sebaliknya, mungkin lebih bermanfaat untuk fokus untuk menjadi lebih kuat dalam variasi squat dan split squat.

3. Seated abduction

Banyak wanita memilih latihan ini dengan harapan dapat membantu mengencangkan area paha bagian dalam dan luar mereka. Meskipun kita mungkin merasa bisa membakar kalori saat melakukan gerakan ini, namun gerakan ini tidak seefektif gerakan squat, lunges, atau split squat dalam rutinitas latihan. “Jika kita menyukai latihan ini, silakan terus menggunakannya,” ujar Liu. “Tetapi, saya sarankan untuk memasukkannya ke dalam rutinitas latihan hanya sebagai pemanasan saja, bukan sebagai salah satu latihan utama,” imbuh dia.

4. Burpee

Menurut Liu, burpee pada dasarnya adalah latihan yang terdiri dari dua langkah.

Dimulai dengan push up, kemudian melompat secara eksplosif ke arah langit dan mengulanginya beberapa kali secara berurutan. “Jika kita baru saja mulai berolahraga, kita mungkin belum memiliki kekuatan untuk melakukan squat, push up, dan jump squat yang tepat,” katanya. “Ketika kita menggabungkan gerakan-gerakan ini, sering kali untuk repetisi yang tinggi, bentuk tubuh akan semakin rusak, terutama saat kita semakin lelah,” jelas dia. Jadi, meskipun ini bisa menjadi latihan pengkondisian yang baik, namun tidak diperlukan untuk menurunkan berat badan. Namun bagi mereka yang sudah terlatih, burpee adalah jenis gerakan yang efektif membakar lemak.

2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Pesona Objek Wisata Alami Kawah Gunung Ijen » Media Tangerang

  2. Pingback: Fakta Sering Keramas Sebabkan Rambut Bercabang, Benarkah? » Media Tangerang

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Berita Terbaru

ICAN-Education-Consultant-Akan-Hadir-di-Jakarta-dan-Tangerang.png

Edukasi

Jakarta– ICAN Education Consultant akan menghelat acara International Education Expo di Kota Jakarta dan Kota Tangerang. Pameran pendidikan ini akan digelar secara gratis dan...

Cegah-Radikalisme-dan-Bullying-di-Sekolah-Ganjar-Beri-Jurus-Ini Cegah-Radikalisme-dan-Bullying-di-Sekolah-Ganjar-Beri-Jurus-Ini

Edukasi

Jakarta – Program Gubernur mengajar kembali dijalankan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dimana kali ini, Ganjar mengajar siswa-siswi di SMK Negeri 2 Wonogiri dengan sebuah...

Heboh-Cahaya-Terang-di-Atas-Gunung-Merapi-Diduga-UFO-BRIN-dan-BPPTKG-Buka-Suara. Heboh-Cahaya-Terang-di-Atas-Gunung-Merapi-Diduga-UFO-BRIN-dan-BPPTKG-Buka-Suara.

Viral

Viral – Usai heboh sebuah video yang berisikan penampakan fenomena langka cahaya terang di atas langit Gunung Merapi yang diduga sebuah UFO. Pemerintah akhirnya...

You May Also Like

Viral

Pelaku yang menculik Malika Anastasya (6) di Jalan Gunung Sahari 7A membawa kabur korban menggunakan bajaj. Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin, sopir bajaj...

Bisnis

Imbas kasus kematian Brigadir J, sosok Ferdy Sambo kian disorot. Tak cuma perjalanan kariernya, kehidupan pribadi Ferdy Sambo termasuk harta kekayaannya juga terus disorot. Yang terbaru, Ferdy Sambo dituding memiliki setumpuk...

Kesehatan

COVID-19 – Usai maraknya lonjakan kasus Covid-19 di China dalam beberapa waktu terakhir. Kini pengetatan akses keluar masuk negara untuk para turis China kembali...

Teknologi

Di ajang Lenovo Tech World 2022 Motorola menjadi salah satu yang menarik perhatian publik karena konsep HP layar gulungnya. Namun belum ada informasi lebih dari pihak...

Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya