Connect with us

    Hi, what are you looking for?

    Kesehatan

    Tips Mudah Memantau Tumbuh Kembang Anak Secara Rutin

    Tips-Mudah-Memantau-Tumbuh-Kembang-Anak-Secara-Rutin

    Jakarta – Cara terbaik yang harus kita lakukan sebagai orang tua untuk mendidik dan memantau tumbuh kembang anak tentunya harus dilakukan sejak dini supaya anak dapat mengalami pertumbuhan yang bagus di usianya tersebut. Itulah mengapa ketika anak sudah memasuki masa emas atau yang dikenal dengan golden age tentunya harus memperoleh perhatian lebih dari setiap orang tuanya.

    Bukan hanya untuk memberikan didikan yang terbaik untuk anak akan tetapi juga orang tua harus bisa melakukan pemantauan yang lebih baik lagi terhadap tumbuh kembang anak secara rutin.

    |Baca Juga: Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari Termasuk Manusia, Ini Daftar Makanan Buaya

    Disamping itu dengan cara melakukan persiapan untuk semuanya lebih dini dann yang sudah matang dan pemantauan secara tepat tentunya bisa membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih bagus di usianya.

    Inilah Trik Mendidik dan Memantau Tumbuh Kembang Anak 

    1.    Melihat kondisi anak setiap hari
    Langkah pertama yang wajib dan harus dilakukan oleh orangtua dalam memantau pertumbuhan dari anak desa dengan melihat kondisinya secara mandiri di rumah yang dilakukan setiap hari. Perhatikanlah pergerakan anak ketika sedang berbicara ataupun bermain.

    Sebagai orang tua tentunya kita akan berusaha bisa memberikan stimulasi secara tepat terhadap tahapan usianya sehingga dapat membantu dalam memantau tumbuh kembangnya secara mandiri. Jika nantinya ditemukan beberapa hal tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak di usianya tentunya bisa menjadi langkah awal untuk mengatasi kondisinya ke dokter.

    2.    Rajin mengajak anak mengobrol
    Dilansir dari situs resmi popmama.com langsung, pada 1000 hari pertama dalam kehidupan merupakan tonggak utama bagi anak supaya dapat kembali berkembang dengan pesat termasuk dari segi keterampilan bahasa. Mengingat setiap bahasa dijadikan sebagai indikator utama serta bekal untuk anak nantinya dan kiat yang satu ini bisa dimulai dari orang tua sebagai guru utamanya.

    Kemudian langkah awal untuk orang tua mengajak ngobrol anak bisa dilakukan secara rutin karena nantinya bisa membantu dalam meningkatkan kecerdasan dan mendorong kemampuan anak dalam memahami setiap bahasa. Anak akan lebih mengenal setiap kata yang telah disampaikan oleh orang tuanya khususnya dalam menyampaikan ekspresi yang telah dirasakan.

    3.    Melakukan intervensi dan stimulasi deteksi sejak dini
    Adanya sepi intervensi dan stimulasi deteksi ini bisa membantu dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Melalui pemeriksaan bisa dilakukan dalam beberapa kali dengan menyesuaikan usia dari anak tersebut.

    Pada usia anak 3 bulan hingga 2 tahun biasanya memperoleh stimulasi deteksi dan intervensi dini tumbuh kembang setiap 3 bulan. Sementara itu, untuk usia 2 hingga 6 tahun biasanya memperoleh di setiap 6 bulan.

    4.    Paham terhadap dimensi tumbuh kembang anak
    Cara keempat untuk mendidik dan memantau tumbuh kembang anak sejak dini yang harus dilakukan orang tua dengan cara memahami terlebih dahulu bagaimana dimensi dari tumbuh kembang anak yang harus diperhatikan oleh orang tua. Dalam hal ini terdapat 5 dimensi yang sifatnya bisa saling melengkapi untuk melakukan pemantauan terhadap tumbuh kembang anak.

    Beberapa diantaranya yaitu kesehatan, kognitif, motorik, bahasa, dan sosio emosional. Dari adanya lima dimensi tersebut bisa dipahami terlebih dahulu oleh orang tua ketika ingin memberikan pendidikan dini dan melihat tumbuh kembang anak yang lebih baik.

    5.    Perhatikan pedoman gizi seimbang
    Bukan hanya memberikan stimulasi akan tetapi orang tua juga harus memperhatikan pedoman gizi yang seimbang untuk anak. Pastikanlah sebagai orang tua telah memberikan asupan nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh seperti halnya protein, zat besi, vitamin, mineral dan folat.

    Sebagai orang tua bisa dengan memberikan sejumlah makanan pada buah hatinya supaya dapat menunjang kinerja pada otak yang nantinya dapat meningkatkan kecerdasannya.

    Seperti dengan memberikan makanan berupa pepaya, sayuran hijau, alpukat, pisang, labu, telur dan ikan. Setiap makanan bergizi yang diberikan kepada anak tentunya bisa membantu dalam menjaga tumbuh kembang anak secara optimal dengan kandungan nutrisi dari setiap makanan yang dikonsumsinya.

    Itulah beberapa cara mendidik dan memantau tumbuh kembang anak secara rutin yang dilakukan mandiri di rumah. Dengan pola asuh yang benar tentunya bisa mendapatkan tumbuh kembang anak secara optimal dari didikan utama yang telah diberikan oleh orang tuanya.

    1 Comment

    1 Comment

    1. Pingback: Bisa Telan 3 Kg Daging Per Hari Termasuk Manusia, Ini Daftar Makanan Buaya » Media Tangerang

    You must be logged in to post a comment Login

    Leave a Reply

    Berita Terbaru

    Keyword Stuffing

    Bisnis

    Keyword stuffing adalah salah satu praktik SEO yang dikenal luas, namun sering disalahgunakan oleh pemilik situs web dan praktisi SEO. Meski bertujuan untuk meningkatkan...

    Sejarah Patung GWK Sejarah Patung GWK

    Sticky Post

    Menapak Jejak Sejarah GWK: Mengungkap Taman Budaya Megah Bali Tersembunyi di pulau yang memesona, Bali, di antara kehijauan dan pemandangan Laut Hindia yang biru,...

    Hasil All England Open 2024 Hasil All England Open 2024

    Sticky Post

    Hasil All England Open 2024: Sorotan Utama dari Turnamen Bulu Tangkis Tertua dan Terhormat All England Open, turnamen bulu tangkis tertua dan paling terhormat...

    You May Also Like

    Sticky Post

    Jakarta – Informasi terbaru dari Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang yang baru-baru ini mengatakan bahwa akan ada komet langka C/2022 E3...

    Wisata

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kenaikan tarif masuk Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta...

    Sticky Post

    Berita Tangerang Hari Ini – Mendapatkan Informasi Terkini tentang Kota Tangerang Tangerang merupakan kota besar di wilayah Banten yang terus mengalami perkembangan pesat di...

    Politik

    Jakarta – Update informasi terbaru dari Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto yang menuturkan bahwa saat ini KPK telah mengantongi informasi terkait keberadaan buron...

    Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya