Connect with us

Hi, what are you looking for?

Politik

Reaksi Dunia Terhadap Pembakaran Alquran Oleh Rasmus Paludan

Reaksi-Dunia-Terhadap-Pembakaran-Alquran-Oleh-Rasmus-Paludan.png Media Tangerang Pusat Informasi Terupdate

Pria bernama Rasmus Paludan itu melakukan aksi pembakaran Al Quran dalam demo di luar Kedutaan Turki di Stockholm, Swedia, pada Sabtu (21/1/2023). Aksinya itu mendapatkan protes serta kritik tajam dari berbagai belahan dunia.

Dikelilingi oleh polisi, Paludan membakar Al Quran dengan korek api. Bagi Rasmus Paludan, aksi tersebut merupakan kebebasan dalam berekspresi.

Gereja Armenia (Armenian Patriarchate) di Turki mengutuk pembakaran salinan Alquran oleh seorang politikus sayap kanan Swedia-Denmark di Stockholm.

Dilansir di Anadolu Agency, Senin (23/1/2023), insiden itu menimbulkan kemarahan yang mendalam bagi umat Islam. Gereja Armenia dalam sebuah pernyataan di media sosial mengatakan perbuatan keji tersebut tidak hanya menyinggung perasaan keagamaan umat Islam. Perbuatan itu juga seolah menjadi gerakan yang bertujuan menimbulkan rasa permusuhan di antara pemeluk agama yang berbeda.

“Pastinya gerakan ini, yang tidak sesuai dengan demokrasi, kebebasan, dan hak asasi manusia, tidak akan diterima oleh mereka yang memiliki perasaan yang sama,” tulis pernyataan tersebut.

|Baca Juga: Usai dikabarkan Resmi Pensiun, Greysia Polii Kini Umumkan Kabar Kehamilan

Salah seorang pejabat Gereja Armenia, Sahak Mashalian, secara khusus menyesali tindakan yang dilakukan politikus Swedia itu dan mengutuk tindakan tersebut. Kecaman tersebut juga selaras datangnya dari Majelis Spiritual Gereja, pendeta, dewan yayasan, dan komunitas Armenia Turki.

Menurutnya, dunia saat ini sedang membutuhkan cinta serta perdamaian karena dunia sedang berjuang dengan banyak masalah. “Kami mengingatkan akan lebih baik bagi orang-orang menahan diri dari tindakan yang akan menambah masalah (yang sudah ada) di dunia. Dunia kita, terlepas dari agama, bahasa, dan ras, butuh lingkungan yang damai,” ujarnya.

Pernyataan oleh Gereja Armenia Turki datang setelah Rasmus Paludan, pemimpin sayap kanan Swedia-Denmark Stram Kurs (Garis Keras) diberikan izin oleh pemerintah Swedia untuk membakar Alquran di luar Kedutaan Besar Turki di Stockholm pada Sabtu lalu.

Menanggapi izin Swedia, Turki membatalkan kunjungan mendatang Menteri Pertahanan Swedia Pal Jonson ke Turki. Kementerian Luar Negeri Turki pada Jumat memanggil Duta Besar Swedia untuk Ankara Staffan Herrstrom, yang diberi tahu Turki mengutuk keras tindakan provokatif tersebut.

“Tindakan itu jelas merupakan kejahatan rasial, bahwa sikap Swedia tidak dapat diterima, bahwa Ankara mengharapkan tindakan tersebut tidak diizinkan, dan penghinaan terhadap nilai-nilai sakral tidak dapat dipertahankan dengan kedok hak-hak demokrasi,” ujarnya.

Tak hanya membakar Al Quran sekali saja, Rasmus Paludan sudah beberapa kali menggelar acara pembakaran Al-Quran.

Aksinya tersebut tentu saja berujung pada protes tandingan yang ditandai dengan aksi kekerasan dan pembakaran mobil.

Bahkan tahun lalu di bulan April selama Ramadhan, Paludan mengumumkan akan melakukan ‘tur pembakaran Alquran’ dan mulai membakar kitab suci di tempat-tempat yang mayoritas penduduknya adalah Muslim.

Pekan lalu, dia membakar patung Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan di Stockholm.

Dalam izin yang diperolehnya dari polisi, dikatakan bahwa protesnya dilakukan terhadap Islam dan apa yang disebut upaya Presiden Turki Tayyip Erdogan untuk mempengaruhi kebebasan berekspresi di Swedia.

Aksi Rasmud Paludan mendapat kecaman banyak pihak termasuk, para petinggi pemerintahan.

“Kami mengutuk sekeras mungkin serangan keji terhadap kitab suci kami, Mengizinkan tindakan anti-Islam ini, yang menargetkan umat Islam dan menghina nilai-nilai suci kami, dengan kedok kebebasan berekspresi sama sekali tidak dapat diterima”, kata kementerian luar negeri Turki, dikutip dari Al Jazeera.

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu melampiaskan kemarahan atas kegagalan otoritas Swedia untuk melarang protes tersebut.

“Itu tindakan rasis, bukan tentang kebebasan berekspresi,” katanya.

Beberapa negara Arab termasuk Arab Saudi, Yordania dan Kuwait juga mengecam pembakaran Al Quran. “Arab Saudi menyerukan untuk menyebarkan nilai-nilai dialog, toleransi, dan hidup berdampingan, serta menolak kebencian dan ekstremisme”.kata kementerian luar negeri Saudi dalam sebuah pernyataan.

Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Advertisement

Berita Terbaru

ICAN-Education-Consultant-Akan-Hadir-di-Jakarta-dan-Tangerang.png

Edukasi

Jakarta– ICAN Education Consultant akan menghelat acara International Education Expo di Kota Jakarta dan Kota Tangerang. Pameran pendidikan ini akan digelar secara gratis dan...

Cegah-Radikalisme-dan-Bullying-di-Sekolah-Ganjar-Beri-Jurus-Ini Cegah-Radikalisme-dan-Bullying-di-Sekolah-Ganjar-Beri-Jurus-Ini

Edukasi

Jakarta – Program Gubernur mengajar kembali dijalankan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dimana kali ini, Ganjar mengajar siswa-siswi di SMK Negeri 2 Wonogiri dengan sebuah...

Heboh-Cahaya-Terang-di-Atas-Gunung-Merapi-Diduga-UFO-BRIN-dan-BPPTKG-Buka-Suara. Heboh-Cahaya-Terang-di-Atas-Gunung-Merapi-Diduga-UFO-BRIN-dan-BPPTKG-Buka-Suara.

Viral

Viral – Usai heboh sebuah video yang berisikan penampakan fenomena langka cahaya terang di atas langit Gunung Merapi yang diduga sebuah UFO. Pemerintah akhirnya...

You May Also Like

Viral

Pelaku yang menculik Malika Anastasya (6) di Jalan Gunung Sahari 7A membawa kabur korban menggunakan bajaj. Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin, sopir bajaj...

Kesehatan

COVID-19 – Usai maraknya lonjakan kasus Covid-19 di China dalam beberapa waktu terakhir. Kini pengetatan akses keluar masuk negara untuk para turis China kembali...

Bisnis

Imbas kasus kematian Brigadir J, sosok Ferdy Sambo kian disorot. Tak cuma perjalanan kariernya, kehidupan pribadi Ferdy Sambo termasuk harta kekayaannya juga terus disorot. Yang terbaru, Ferdy Sambo dituding memiliki setumpuk...

Teknologi

Di ajang Lenovo Tech World 2022 Motorola menjadi salah satu yang menarik perhatian publik karena konsep HP layar gulungnya. Namun belum ada informasi lebih dari pihak...

Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya