Connect with us

    Hi, what are you looking for?

    Politik

    Puan Sebut Tak Mau Buru-buru Sahkan RUU PPRT, Meski Jokowi Minta Dipercepat

    Puan-Sebut-Tak-Mau-Buru-Buru-Sahkan-RUU-PPRT-Meski-Jokowi-Minta-Dipercepat.jpeg

    JakartaKetua DPR RI Puan Maharani baru-baru ini diketahui telah memberi sinyal jika pihaknya tidak ingin terlalu buru-buru untuk mengesahkan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (RUU PPRT) meski telah didesak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

    Selain itu Puan juga mengaku jika saat ini pihaknya masih akan berkomunikasi dengan komisi terkait dan Badan Legislasi (Baleg) DPR untuk kembali membahas RUU tersebut. Puan juga mengklaim jika dirinya ingin agar setiap undang-undang mengedepankan kualitas dibanding kuantitas.

    |Baca Juga: Janji Puan Maharani Akan Libatkan Publik Bahas Perppu Cipta Kerja

    “Sejak awal periode [DPR] sekarang ini kami mengedepankan untuk bisa melaksanakan pembahasan undang-undang itu secara berkualitas, tidak terburu-buru,” tutur Puan di kompleks parlemen, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

    Perempuan yang sekaligus Ketua DPP PDIP itu juga mengaku saat ini dirinya akan melihat substansi dari RUU tersebut. Dia ingin DPR melibatkan banyak pihak dalam membahas RUU PPRT.

    Disamping itu menurut Puan, RUU PPRT diketahui jika nantinya akan menjadi payung hukum buat WNI bukan hanya dalam negeri, Akan tetapi juga untuk di seluruh negara.

    Disamping itu, Puan juga berpendapat bahwa saat ini aspek itu yang paling akan menjadi pertimbangan dalam penyusunan hingga pengesahannya kelak menjadi undang-undang.

    “Bagaimana efek negatif dan positifnya, siapa saja yang harus dilindungi, bagaimana kemudian Undang-Undang ini menjadi satu payung hukum yang baik, bukan hanya buat PRT, tapi juga untuk PMI [Pekerja Migran Indonesia] ke depan,” katanya.

    Puan Maharani juga mengaku bahwa dirinya akan membuka ruang seluas-luasnya bagi publik untuk membahas RUU PPRT. Namun, dia menegaskan bakal tetao mengacu pada program legislasi nasional yang telah ditetapkan, terutama yang akan menjadi prioritas.

    Sebelumnya diketahui jika RUU PPRT sempat hendak dibawa ke Paripurna dan disahkan menjadi UU pada 2020. Namun, rencana itu gagal.

    Kekinian, Jokowi telah mengutus dua menterinya untuk melobi DPR agar segera mengesahkan RUU PPRT. Jokowi mengatakan rancangan undang-undang itu telah masuk Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas Tahun 2023. Dia berharap draf aturan itu segera disahkan.

    “Untuk mempercepat penetapan UU PPRT ini, saya perintahkan kepada menteri hukum dan ham dan menteri ketenagakerjaan untuk segera melakukan koordinasi dan konsultasi dengan DPR dan dengan semua stakeholder,” jelas Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (18/6).

    1 Comment

    1 Comment

    1. Pingback: Janji Puan Maharani Akan Libatkan Publik Bahas Perppu Cipta Kerja » Media Tangerang

    You must be logged in to post a comment Login

    Leave a Reply

    Berita Terbaru

    Keyword Stuffing

    Bisnis

    Keyword stuffing adalah salah satu praktik SEO yang dikenal luas, namun sering disalahgunakan oleh pemilik situs web dan praktisi SEO. Meski bertujuan untuk meningkatkan...

    Sejarah Patung GWK Sejarah Patung GWK

    Sticky Post

    Menapak Jejak Sejarah GWK: Mengungkap Taman Budaya Megah Bali Tersembunyi di pulau yang memesona, Bali, di antara kehijauan dan pemandangan Laut Hindia yang biru,...

    Hasil All England Open 2024 Hasil All England Open 2024

    Sticky Post

    Hasil All England Open 2024: Sorotan Utama dari Turnamen Bulu Tangkis Tertua dan Terhormat All England Open, turnamen bulu tangkis tertua dan paling terhormat...

    You May Also Like

    Sticky Post

    Jakarta – Informasi terbaru dari Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang yang baru-baru ini mengatakan bahwa akan ada komet langka C/2022 E3...

    Wisata

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kenaikan tarif masuk Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta...

    Sticky Post

    Berita Tangerang Hari Ini – Mendapatkan Informasi Terkini tentang Kota Tangerang Tangerang merupakan kota besar di wilayah Banten yang terus mengalami perkembangan pesat di...

    Politik

    Jakarta – Update informasi terbaru dari Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto yang menuturkan bahwa saat ini KPK telah mengantongi informasi terkait keberadaan buron...

    Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya