Connect with us

    Hi, what are you looking for?

    Viral

    Heboh Cahaya Terang di Atas Gunung Merapi Diduga UFO, BRIN dan BPPTKG Buka Suara

    Heboh-Cahaya-Terang-di-Atas-Gunung-Merapi-Diduga-UFO-BRIN-dan-BPPTKG-Buka-Suara.

    Viral – Usai heboh sebuah video yang berisikan penampakan fenomena langka cahaya terang di atas langit Gunung Merapi yang diduga sebuah UFO.

    Pemerintah akhirnya buka suara terkait fenomena benda misterius yang tampak bercahaya dan diduga UFO melintas di atas Gunung Merapi, baru-baru ini yang terjadi tepatnya pada tanggal (24/1/2023) kemarin. BRIN dan BPPTKG pun menanggapi kejadian viral tersebut.

    Dikut langsung dari akun media sosialnya, BPPTKG (Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi) mengatakan bahwa kamera yang mereka miliki pun merekam fenomena misterius tersebut.

    Baca Juga: Cegah Radikalisme dan Bullying di Sekolah Ganjar Beri Jurus Ini

    Akan tetapi BPPTKG tidak dapat mengonfirmasi lebih rinci soal apa benda misterius yang melintas di atas langit Gunung Merapi pada Selasa dini hari itu.

    “Sebuah video beredar di media sosial menampilkan cahaya/benda langit yang bergerak di sekitar #Merapi. Sehubungan dengan beredarnya video tersebut, dapat kami sampaikan bahwa kamera CCTV Badan Geologi yang berada di Pos Jrakah (sisi barat) Gunung Merapi merekam fenomena ini pada tanggal 24 Januari 2023 pukul 01.30 WIB,” tulis akun Twitter @BPPTKG, Kamis (26/1) menjelaskan.

    Jika dilihat berdasarkan data kegempaan, BPPTKG menyebutkan bahwa hasilnya tidak terekam adanya sinyal yang signifikan pada jam tersebut. Sehingga benda bercahaya ini bukan berasal dari perut bumi ataupun Gunung Merapi.

    Sehubungan dengan viralnya fenomena tersebut dua hari terakhir, BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi menegaskan bahwa saat ini lembaganya tidak memiliki kapabilitas untuk mengamati benda langit. Oleh sebab itu mereka hanya bertugas melakukan mitigasi Gunung Merapi.

    “Sehingga kami tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam video tersebut,” ujar BPPTKG kemudian menjelaskan.

    Disamping itu mereka juga meminta masyarakat untuk tetap tenang, tidak panik, dan selalu mengikuti informasi dari sumber yang terpercaya.

    Sementara itu disisi lain pihak BRIN menjelaskan bahwa benda misterius bercahaya diduga UFO yang melintas di atas Gunung Merapi tersebut diduga adalah sebuah satelit.

    Menurut peneliti BRIN Andi Pangerang, yang merupakan jenis satelit Falconsat-3 yang diluncurkan dalam sebuah program pengembangan oleh USAFA (Akademi Angkatan Udara Amerika Serikat).

    Kemungkinan besar benda bercahaya yang tampak dalam kamera pengawas Gunung Merapi adalah Falconsat-3. Satelit ini termasuk sampah antariksa yang masuk kembali atmosfer.

    Penjelasan iitu kemudian dikuatkan dengan laporan dari satview.org, yang menjelaskan Falconsat-3 (30776U) masuk kembali pada hari Senin, 23 Januari 2023 pukul 12:42 UTC.

    Sebelumnya diketahui jika ada penjelasan dari pemerintah terkait benda misterius bercahaya terbang di atas Gunung Merapi ini, kemaudian warganet yang telah melihatnya akhirnya banyak yang mengeluarkan berbagai spekulasi.

    Rata-rata diantara mereka menyebut bahwa benda misterius itu adalah sebuah UFO. Namun ada pula yang meyakini bahwa fenomena tersebut merupakan meteor.

    “Kui sik liwat meteor opo pesawat alien? (Itu yang lewat meteor atau pesawat alien)” tulis salah satu warganet.

    “Kalau pesawat pasti cahaya lampunya berkedip-kedip stabil, kalau drone sepertinya terlalu besar,” komentar netizen lain yang penasaran.

    “UFO inspeksi gunung merapi,” ujar yang lain.

    Berdasarkan video yang beredar, kejadian benda misterius melintas di atas Gunung Merapi terdokumentasikan pada tanggal 24 Januari 2023 sekitar pukul 01.24 WIB, dini hari.

    Selain itu, tertulis lokasi pengambilan video yaitu di Kemirikebo, selatan Gunung Merapi. Tepatnya masuk Kecamatan Turi, DI Yogyakarta.

    Dalam akun Twitter @merapi_uncover tidak memberikan penjelasan lengkap terkait kejadian dalam video tersebut tersebut.

    Ia hanya menulis, “Fenomena merapi” dan menyebutkan akun pertama yang mengunggah video tersebut @SarjioS3.

    1 Comment

    1 Comment

    1. Pingback: Cegah Radikalisme dan Bullying di Sekolah Ganjar Beri Jurus Ini » Media Tangerang

    You must be logged in to post a comment Login

    Leave a Reply

    Advertisement

    Berita Terbaru

    5 Tips Mempertahankan Bisnis di Masa Sulit

    Sticky Post

    Dalam menghadapi tantangan ekonomi dan perubahan global, mempertahankan bisnis menjadi suatu kebutuhan yang mendesak. Di tengah masa sulit, pemilik bisnis perlu mengadopsi strategi yang...

    Menkes Budi Sadikin Resmikan Secara Langsung Gedung RSUD Sidoarjo Menkes Budi Sadikin Resmikan Secara Langsung Gedung RSUD Sidoarjo

    Kesehatan

    Pada sebuah acara yang penuh semangat, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara resmi meresmikan gedung baru RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) di Sidoarjo. Artikel...

    Ganjar Senang, Presiden Jokowi Kunjungi Sultan HB: Pertemuan Penuh Makna bagi Pembangunan Jawa Tengah Ganjar Senang, Presiden Jokowi Kunjungi Sultan HB: Pertemuan Penuh Makna bagi Pembangunan Jawa Tengah

    Politik

    Kunjungan Presiden Joko Widodo ke kediaman Sultan Hamengkubuwono (HB) di Yogyakarta menandai kolaborasi penting antara pemerintah pusat dan daerah. Artikel ini akan membahas tujuan...

    You May Also Like

    Wisata

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan kenaikan tarif masuk Taman Nasional (TN) Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) sebesar Rp 3,75 juta...

    Sticky Post

    Jakarta – Informasi terbaru dari Peneliti Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang yang baru-baru ini mengatakan bahwa akan ada komet langka C/2022 E3...

    Politik

    Jakarta – Update informasi terbaru dari Deputi Penindakan dan Eksekusi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto yang menuturkan bahwa saat ini KPK telah mengantongi informasi terkait keberadaan buron...

    Sticky Post

    Berita Tangerang Hari Ini – Mendapatkan Informasi Terkini tentang Kota Tangerang Tangerang merupakan kota besar di wilayah Banten yang terus mengalami perkembangan pesat di...

    Copyright © 2023 Media Tangerang | Pusat Informasi Kota Tangerang Terupdate & Terpercaya